IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI FISIPOL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Main Author: DEWI PUSPASARI, NIM. 14490010
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/34791/1/14490010_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/34791/2/14490010_BAB%20II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/34791/
Daftar Isi:
  • Pendidikan sesungguhnya memiliki peran penting dalam kehidupan bangsa dan bernegara yakni menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. SDM memiliki peran kendali dalam mengoptimalkan pendidikan tersebut. Baik buruknya mutu pendidikan di perguruan tinggi berpegang pada SDM yang mengelolanya. Maka perlu adanya manajemen SDM dalam lembaga tersebut untuk bias mengelola suatu kinerja secara optimal sehingga menghasilkan lembaga yang bermutu dan memperoleh mutu pendidikan yang baik. Maka peneliti memilih salah satu objek memiliki di Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang notabenennya dikenal sebagai kampus yang baik dan unggul di kalangan perguruan tinggi swasta, untuk dapat mengetahui bahwa bagaimana manajemen SDM yang dilakukan di FISIPOL sehingga mampu menghasilkan mutu pendidikan yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa manajemen SDM yang dilakukan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di FISIPOL Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Kemudian pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi data, sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori-teori yang ditentukan oleh penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen SDM di FISIPOL Universitas Muhammadiyah dilakukan melalui 4 tahapan, antara lain: (a) perencanaan, program yang direncanakan FISIPOL meliputi menuruskan visi misi, mengembangkan SDM (b) Pelaksanaan, program yang dilaksanakan meliputi melaksanakan 9 nilai budaya organisasi dan menjalin kerja sama, (c) Pengorganisasian dalam pembelajaran untuk menyusun rancangan pembelajaran dan melibatkan dosen-dosen pada setiap mata kuliah untuk mengajar sesuai kompetensi, (d) Evaluasi, yang dilakukan meliputi evaluasi mingguan, evaluasi rutin bulanan, evaluasi semester dan konsekuensi, (2) Hasil dari mutu pendidikan di FISIPOL Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu baik, sebagaimana terlihat pada (a) perolehan akreditasi, (b) meningkatnya prestasi-prestasi mahasiswa dan dosen, (c) menghasilkan lulusan yang berkualitas, (d) adanya peningkatan perubahan kurikulum, (e) meningkatkan mutu kompetensi dosen, (f) mengembangkan soft skill mahasiswa.