HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALASAN

Main Author: Muhammad Ikhwanulkirom, NIM. 13710087
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/34004/1/13710087_BAB%20I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/34004/2/13710087_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/34004/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMPN 3 Kalasan yang berjumlah 118 siswa. Dua skala yang digunakan di dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial orangtua dan skala regulasi diri dalam belajar. Teknik pengambilan sample yang digunakan didalam penelitian ini adalah teknik puposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis pearson product moment, menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar memiliki nilai r sebesar 0,347 dan nilai p sebesar 0,000 (P < 0,05) dan hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar. Semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi juga regulasi diri dalam belajar. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua maka semakin rendah juga regulasi diri dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Serta sumbangan efektif dukungan sosial orangtua terhadap regulasi diri dalam belajar sebesar 0,120 (12%).