PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM MENANGANI SISWA MEMBOLOS SAAT JAM PELAJARAN (STUDI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI I SEDAYU BANTUL)

Main Author: ADISTY PUTRI ANGGA DEWI, NIM. 15220032
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/33884/1/15220032_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33884/2/15220032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33884/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di SMA Negeri 1 Sedayu yang menunjukkan banyaknya siswa yang membolos saat jam pelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap mengubah perilaku membolos pada saat jam pelajaran bagi siswa kelas X IPS tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah dua siswa kelas X IPS yang minimal tidak mengikuti pelajaran sebanyak 5 kali dalam satu bulan dan guru BK. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian di sini adalah tahap-tahap mengubah perilaku membolos pada saat jam pelajaran bagi siswa kelas X IPS tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap mengubah perilaku membolos pada saat jam pelajaran bagi siswa kelas X IPS tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul adalah: pertama, tahap assesment, yaitu identifikasi masalah. Kedua, tahap goal setting, yaitu perumusan tujuan yang akan dicapai. Ketiga, tahap technique implementation, yaitu mengimplementasikan teknik yang digunakan. Keempat, tahap evaluation termination, yaitu evaluasi dan penilaian hasil dari yang telah dicapai. Kelima, tahap feedback, yaitu timbal balik dari hasil yang telah dicapai.