Pendampingan Anak Difabel Grahita Melalui Pelatihan Ketrampilan Wirausaha (Studi Eksperimen di SLB Yapenas Unit II)

Main Author: Al-Lu’lu’ Zaadun Ruuhiy, NIM. 13250107
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/33804/1/13250107_BAB%20I_IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA%2C%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33804/2/13250107_BAB%20II_BAB%20III.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33804/
Daftar Isi:
  • Penyandang disabilitas pempunyai hak untuk mengenyam pendidikan, Namun dalam pelaksanaannya masih jauh dari yang diharapkan baik didalam pengangguran, program, maupun sarana dan prasarana yang tersedia untuk penyandang disabilitas. Anak tunagrahita merupakan salah satu penduduk penyandang disabilitas terbesar di Indonesia. Melihat masalah tersebut peneliti akan meneliti bagaimana pendampingan anak tunagrahita memalui ketrampilan wirausaha dan bagaimana cara meningkatkan ketrampilan wirausaha anak tunagrahita. Peneliti menggunakan metode penelitian riset aksi yang menekankan pada praktik sosial, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi berupa foto dan dokumen data dari SLB Yapenas Unit II, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian pertama, pendampingan yang dilakukan SLB Yapenas Unit II masuk kedalam model pendampingan kebutuhan dasar atau kesejahteraan seperti kebutuhan ekonomi. Kedua, Cara meningkatkan ketrampilan wirausaha anak tunagrahita dengan pembelajaran membuat pisang coklat beserta pemasaranya. kemampuan dalam melaksanakan peran sosialnya berupa pembelajaran komunikasi kepada pemilik warung. Kata Kunci: Tunagrahita, Pendampingan, Wirausaha