STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ KELAS VIII A DI MTs N 1 BANTUL TAHUN 2017/2018

Main Author: Siti Chodijah, NIM: 14420059
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/33546/1/14420059_BAB-I_V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33546/2/14420059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33546/
Daftar Isi:
  • Siti Chodijah, Studi Komparasi Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Tahfidz dan Non Tahfidz Kelas Viii A di Mts N 1 Bantul Tahun 2017/2018, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan antara prestasi belajar bahasa Arab siswa tahfidz dan non tahfidz di kelas VIII A MTs N 1 Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan objek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A MTs N 1 Bantul tahun 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis Mann Whitney U Test (Mann Whitney Wilcoxon) yang kemudian diinterpretasi dan diberi kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar bahasa Arab siswa tahfidz dan nontahfidz di kelas VIII A MTs N 1 Bantul tahun 2017/2018. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai 0,045 yang lebih kecil dari taraf nilai signifikansi 0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari perolehan masing-masing mean kelompok yaitu siswa tahfidz 88,125 dan siswa nontahfidz 75,625. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai prestasi belajar bahasa Arab siswa tahfidz lebih tinggi dari siswa non tahfidz dengan interval 88,125-75,625 = 12,5. Kata Kunci : Komparasi, Prestasi Belajar Bahasa Arab, Siswa Tahfidz dan Non Tahfidz.