PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (LKPD-E) PADA MATERI HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X

Main Author: FALENSIA ANGGRAINYFALENSIA ANGGRAINY, NIM. 11690038
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/33265/1/11690038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33265/2/11690038_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33265/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (LKPD-e) Pada Materi Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak untuk Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA/MA Kelas X; 2) Mengetahui kualitas LKPD-e Fisika dan terfasilitasinya keterampilan berpikir tingkat tinggi yang telah dikembangkan menurut penilaian ahli materi, ahli media dan guru fisika SMA/MA 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD-e fisika yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Four-D model (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai pada tahap Develop. Objek uji coba penelitian ini adalah 13 peserta didik pada uji coba terbatas dan 56 peserta didik pada uji coba luas. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian LKPD-e oleh ahli materi, media, guru fisika, dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Telah berhasil dikembangkan LKPD-e fisika materi hukum-hukum Newton tentang gerak untuk memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA/MA kelas X yang dapat diakses secara offline maupun online; 2) Kualitas LKPD-e fisika yang telah dikembangkan menurut ahli materi memiliki kualitas baik dengan skor rerata 3,20. Sedangkan penilaian dari ahli media dan guru fisika SMA/MA memiliki kualitas sangat baik dengan skor rerata 3,45 dan 3,49. Berdasarkan ahli materi dan guru fisika SMA/MA LKPD-e dalam memfasilitasi keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik masuk dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 0,85 dan 1,00; 3) Respon peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba luas adalah setuju dengan skor rerata 3,01 dan 3,07.