PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SUB MATERI POKOK JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

Main Author: Siti Maemunah, NIM. 13680024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/33235/1/13680024_BAB%20II-IV.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33235/2/13680024_BAB%20I-V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33235/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Biologi Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Sub Materi Pokok Jaringan Tumbuhan untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) model prosedural tipe 4D (Define, Design, Develope dan Disseminate). Produk divalidasi dan dinilai oleh 2 ahli materi, 1 ahli media dan 6 peer reviewer. Pada penelitian pengembangan ini dilakukan uji terbatas kepada 2 guru biologi dan 15 siswa kelas XI SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah angket check list. Data kualitatif dari hasil penilaian dikonversi menjadi data kuantitatif dengan menggunakan skala likert. Hasil penilaian ahli materi, ahli media dan peer reviewer menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase ideal penilaian berturut-turut 85,71%, 87,50%, dan 92,96%. Sedangkan guru biologi menilai bahwa modul termasuk dalam kategori baik dengan persentase keidealan 70%. Adapun respon siswa menunjukkan sangat setuju dengan persentase keidealan 86,91%. Dengan demikian Modul Biologi Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Sub Materi Pokok Jaringan Tumbuhan untuk Siswa Kelas XI SMA/MA layak digunakan sebagai bahan ajar