PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI LUAR PONDOK PESANTREN PADA SISWA KELAS XI DI MAN 4 BANTUL
Main Author: | Atika Fitriyani Pramudita, NIM. 14410017 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/33189/1/14410017_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/33189/2/14410017_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/33189/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah, motivasi sering dipandang sebagai faktor yang paling dominan yamg mempengaruhi prestasi belajar termasuk prestasi belajar PAI. Setiap siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda. Bila di lihat dari sisi tempat tinggalnya siswa MAN 4 Bantul dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren atau yang tinggal bersama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi belajar PAI siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren serta untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan motivasi belajar PAI dari keduanya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 4 Bantul sebanyak 128 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling dengan jenis Sampling Jenuh dimana seluruh populasi digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, dokumentasi dan wawancara. Analisis data meliputi analisis komparasional dalam penelitian ini menggunakan teknik uji perbedaan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat motivasi belajar PAI siswa yang tinggal di pondok pesantren pada siswa kelas XI di MAN 4 Bantul di kategorikan tinggi dengan jumlah mean sebesar 84,70 dan standar deviasi sebesar 8,437. (2) Tingkat motivasi belajar PAI siswa yang tinggal diluar pondok pesantren pada siswa kelas XI di MAN 4 Bantul dikategorikan cukup dengan jumlah mean sebesar 80,75 dan standar deviasi sebesar 7,990. (3) Terdapat perbedaan motivasi belajar PAI antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal diluar pondok pesantren pada siswa kelas XI di MAN 4 Bantul ditunjukkan dengan taraf signifikansi sebesar 0,039 (p < 0,05).