HUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN SEKOLAH PAI DI SD/MI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 MOYUDAN

Main Author: ZAHRATUL ARAFAH, NIM. 11410144
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/33104/1/11410144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33104/2/11410144_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/33104/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan rendahnya prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan bisa disebabkan diantaranya oleh nilai ujian sekolah PAI di jenjang sebelumnya (SD/MI) dan metode pembelajaran. Subjek pada penelitian siswa kelas VII SMP N 1 Moyudan tahun ajaran 2017/2018 sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan berupa dokumentasi untuk nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dan Prestasi Belajar PAI di SMP N 1 Moyudan, serta metode angket untuk metode pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan : adanya hubungan positif antara nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan rhitung sebesar 0,458. Pada taraf signifikansi 5% dengan rtabel (n- 2) sebesar 0,361, dengan sumbangan efektif sebesar 15,67%. Hubungan positif antara metode pembelajaran dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan rhitung sebesar 0,475. Pada taraf signifikansi 5% dengan rtabel (n-2) sebesar 0,361, dengan sumbangan efektif sebesar 17,40%. Hubungan positif dan signifikan antara nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dan metode pembelajaran dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan harga Fhitung sebesar 7,163. Pada taraf signifikansi 5% dengan Ftabel (df = 1 : 30) sebesar 4,17. Fhitung lebih besar daripada Ftabel atau dapat dikatakan hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Sumbangan efektif yang diperoleh sebesar 33,07%.