PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING PADA SUB MATERI POKOK INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA/ MA
Main Author: | Fanny Oktavia Andriani, NIM. 13680007 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/32064/1/13680007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/32064/2/13680007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/32064/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul biologi dengan pendekatan joyful learning pada sub materi pokok invertebrata untuk siswa kelas X SMA/ MA dan mengetahui kualitas E-Modul. Penelitian ini termasuk Research and Development (R & D) menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket. Kualitas E-Modul di nilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 respon siswa kelas X SMA N 1 Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Produk E-Modul biologi dengan pendekatan Joyful Learning dikembangkan dengan model ADDIE pada sub materi pokok Invertebrata untuk kelas X di SMA N 1 Karangmojo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul memiliki kualitas sangat baik dengan persentase sebesar 89,00% berdasarkan penilaian keseluruhan. Selain itu, respon siswa sangat baik terhadap produk e-modul dengan persentase sebesar 87,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk E-Modul Biologi berkualitas sangat baik sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar biologi siswa kelas x SMA N 1 Karangmojo. Kata Kunci : Bahan Ajar, E-Modul, Invertebrata, Joyful Learning