HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MTSN 1 YOGYAKARTA

Main Author: DIAN NUGRAHENI, NIM. 13220089
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/31532/2/13220089_BAB%20I_BAB%20TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/31532/1/13220089_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/31532/
Daftar Isi:
  • DIAN NUGRAHENI (13220089). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Prokrastinasi Akademik Siswa MTsN 1 Yogyakarta. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan 2 variabel, yaitu variabel motivasi berprestasi (X) dan variabel prokrastinasi akademik (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik siswa MTsN 1 Yogyakarta. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII, yaitu sebanyak 231. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data utama menggunakan model skala Likert yang terdiri dari skala motivasi berprestasi dan skala prokrastinasi akademik dengan empat alternatif jawaban "sangat setuju", "setuju", "tidak setuju" dan "sangat tidak setuju". Untuk teknik wawancara dan dokumentasi adalah sebagai data pelengkap . Metode analisis data menggunakan uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas) dan uji hipotesis menggunakan Pearson’s Product Moment Correlation dengan bantuan program SPSS Versi 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan statistik di dapatkan perolehan koefisien korelasi (rxy) = -0.674 dengan p = 0.000 (p 0.05). Hal ini berarti menunjukkan terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik siswa. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Semakin tinggi motivasi berprestasi semakin rendah prokrastinasi akademik sebaliknya semakin rendah motivasi berprestasi semakin tinggi prokrastinasi akademik.