NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL “BERJALAN DI ATAS CAHAYA” KARYA HANUM SALSABIELA RAIS

Main Author: IKA PUJI LESTARI, NIM.10410115
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/30573/2/10410115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/30573/1/10410115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/30573/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Islam tidak hanya berfungsi sebagai transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga berfungsi menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang berlaku secara universal dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai-nilai pendidikan agama Islam tidak hanya di dapat melalui sekolah formal saja namun juga dapat melalui pendidikan nonformal.Salah satunya melalui sebuah karya sastra berupa novel.Maka peneliti tertarik untuk meneliti nilai-nilai yangterkandugdalam sebuah novel yang berjudul Berjalan di Atas Cahaya karya Hanum Salsabiela Rais. Yang menjadi permasalahan dalam peenelitian ini adalah apa sajakah nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam novel Berjalan di Atas Cahaya. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam novel Berjalan di Atas Cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan obyek penelitian beupa novel yang berjudul Berjalan di Atas Cahaya.Pengumpulan data dilakukan dengan mencaridan menelusuri bahan dokumentasi yang tersedia.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yaitu teknik menarik kesimpulan dari sebuah buku. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat banyak nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dapat diambil pelajaran dari novel Berjalan di Atas Cahaya.Nilai-nilai yang terdapat dalam novel ini digambarkan oleh penulis melalui sebuah cerita perjalanannya saat bertemu dengan orang-orang luar biasa saat tinggal di Eropa. Nilai-nilai tersebut antara lain, nilai pendidikan akhlak, nilai pendidikan akidah, dan nilai mu‟amalah. Nilai pendidikan akhlak dalam novel tersebut antara lain, kepercayaan, ketulusan, toleransi, dan akhlak terhadap orangtua.