ROFIQ MAHFUR, NIM. 10600068 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP/MTS KELAS VIII

Main Author: RARAS KUSFAJARDINI, NIM. 13600005
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/30255/1/13600005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/30255/2/13600005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/30255/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan the non equivalent control group design. Pola rancangan penelitian ini yaitu kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrument berupa tes kemampuan komunikasi matematis, dan lembar catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2017/ 2018 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII A, kelas VIII B, kelas VIII C dan kelas VIII D. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematis siswa kelas VIII.