IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BIOLOGI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 DEPOK YOGYAKARTA

Main Author: Retno Gumilang, NIM. 12680046
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/29327/1/12680046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/29327/2/12680046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/29327/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persentase siswa yang tahu konsep, tidak tahu konsep dan mengalami miskonsepsi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan (2) konsep dimana siswa paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab butir soal materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Depok Yogyakarta. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Depok yang terdiri dari 96 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif soal multiple choice yang dilengkapi dengan lembar respon CRI dimana dalam menjawab soal, siswa diminta untuk membubuhkan nilai CRI (0-5) yang besarnya disesuaikan dengan tingkat kepercayaan siswa dalam menjawab soal. Data dianalisis dengan membandingkan benar tidaknya jawaban yang dipilih dengan nilai CRI yang diisi oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi masih ditemukan pada beberapa konsep materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan persentase miskonsepsi kelas XI IPA SMAN 1 Depok sebesar 20,19%, tahu konsep sebesar 33,20% dan tidak tahu konsep sebesar 46,84% dengan subkonsep paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab soal adalah subkonsep jaringan epidermis, jaringan penyusun organ daun dan struktur organ batang. Kata kunci : miskonsepsi, certainty of response index, jaringan tumbuhan