MOTIF PENGGUNA NEW MEDIA (STUDI PENGARUH PENGGUNA INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Main Author: SILMA RAHMAH ALFAFA I, NIM. 13210104
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/29117/1/13210104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/29117/2/13210104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/29117/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui bagaimana motif berpengaruh dalam penggunaan new media di kalangan mahasiswa dalam menggunakan instagram, yang menurut survei rata-rata orang yang menggunakan adalah orang dengan rentan usia 18-21 tahun, dan penelitian ini tidak berfokus pada konstruksi media, tetapi pengguna yang menjadi audien aktif dalam penggunaan sebuah media. Maka itu peneliti menjadikan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi angkatan 2014, 2015 dan 2016 dengan alasan umur yang sesuai dari survei yang pernah dilakukan, dan latar belakang pengetahuan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang paham dalam menggunakan media dan berkomunikasi. Dalam penelitian ini digunakan 5 motif yang berpengaruh dalam penggunaan new media menurut Papacharisi dan Rubin kelima motif tersebut adalah Motif Entertaiment, Motif Convenience, Motif Passing Time, Motif Utility, dan Motif Seeking Information. Hasil penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif ini, menghasilkan data bahwa motif yang berpengaruh secara signifikan dari data yang diperoleh berdasarkan uji analisis rergresi linear berganda adalah motif Convenience karena hasil dari t hitung (3,322) > t tabel (1,662), sedangkan keempat motif yang lainnya menghasilkan t hitung yang lebih kecil dari pada t tabel.