PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Main Author: SITI ZULAIHAH, NIM.98413883
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2005
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/25930/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/25930/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/25930/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua tentang pendidikan agama Islam terhadap prestasi dan perilaku keagamaan siswa kelas dua SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa dan siswa kelas dua SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2002/2003. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan sistem undian. Ukuran/quota sampd, pcuulis uit.mgacu pada pendapat Suharsimi Arikunto, yaitu mengambil sampel 20% dari jumlah siswa kelas dua yang berjumlah 200 orang, sehingga jumiah sampelnya banyak 40 siswa, sejumlah itu juga orangtuanya. Pengumpulan data <lilakuka11 dengan menggunakan metode angket, interview, observasi dan dokumentasi. Analisis instrument merupakan analisis validitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 butir angket untuk orang tua terdapat 23 yang terbukti valid, dan 15 butir angket nntuk siswa terdapat 13 yang terbukti valid. Analisis data rneliμuti analisis deskriptif, analisis tesl "t'' dan analisis variant multivariat. Basil penelitian menunjukkan : I) Kondisi pola asuh orang tua siswa kelas dua SLTP Muhamm adiyah 2 Yogyakmta tentang Pendidikan Agama Islam tennasuk dalam kategori baik. 2) Ada pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua tentang pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas dua SLTP Mullammadiyah 2 Yogyakarta . Hal ini berarti pola asuh orang tua sangat berperan dalam meningkatlrnn prestasi belajar siswa di sekolah. 3) Ada pengarnh signifikan antara pola asuh orang tua tentang pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa kelas dua SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hal ini berarti pola asuh orang tua sangat berpcran dalam membentuk perilaku keagamaan siswa sehari­ hari. 4) Terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua tentang pendidikan agarna Islam terhadap prestasi dan perilaku keagamaan siswa kelas dua SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta . Hal ini berarti pola asuh orang tua sangat berpengaruh/berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan dalam membentuk perilaku keagamaannya dalam kehidupa.n sehari-hari.