PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI
Main Author: | Danuri, . |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/25191/1/COVER%20%20AL%20BIDAYAH%20VOL%206%20NO%201_Page_1.jpg http://digilib.uin-suka.ac.id/25191/2/COVER%20%20AL%20BIDAYAH%20VOL%206%20NO%201_Page_2.jpg http://digilib.uin-suka.ac.id/25191/3/DAFTAR%20ISI%20JURNAL%20BIDAYAH%20VOL%2006%20NO%2001%20JUN%202014.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/25191/4/03.%20DANURI%20-%20PENGEMBANGAN%20MODUL%20MATEMATIKA%20DENGAN%20PENDEKATAN%20KONTEKSTUAL%20UNTUK%20MEMFASILITASI%20KEMANDIRIAN%20BELAJAR%20SISWA%20SD-MI.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/25191/ |
Daftar Isi:
- This study is a Research and Development (R & D) that uses the model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) with elementary mathematics module products/MI using a contextual approach. Development is done through several stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The model used is the development of procedural development model, ie a model that is descriptive, outlining the steps to be followed to produce the product. The results showed that the mathematical modules SD / MI with contextual approach can facilitate student learning independence. Students’ response to the modules are classified in either category, so the math modules SD / MI with decent contextual approach used. Keywords: module, Contextual, Independence Learning. *** Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk modul matematika SD/MI menggunakan pendekatan kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/MI dengan pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian belajar siswa. Respon siswa terhadap modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SD/MI dengan pendekatan kontekstual layak digunakan. Kata Kunci: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar.