PENDIDIKAN HUMANIS MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Main Author: KHAIRUN NISA, NIM. 12410014
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/2/12410014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/1/12410014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/
ctrlnum 24772
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/</relation><title>PENDIDIKAN HUMANIS MENURUT KI HADJAR DEWANTARA&#xD; DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM</title><creator>KHAIRUN NISA, NIM. 12410014</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>KHAIRUN NISA. Pendidikan Humanis Menurut Ki Hadjar Dewantara&#xD; Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan&#xD; Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017.&#xD; Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan di Indonesia dewasa&#xD; ini kehilangan aspek-aspek humanis (manusiawi) karena berlandaskan pada&#xD; paradigma dan metode yang tidak memberikan ruang kepada peserta didik untuk&#xD; dapat berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, serta kehilangan&#xD; nilai-nilai luhur yang menjadi pijakan terbentuknya negara ini. Sehingga&#xD; penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan tentang pendidikan humanis&#xD; menurut Ki Hadjar Dewantara (2) menganalisis pendidikan humanis Ki Hadjar&#xD; Dewantara dalam perspektif Pendidikan agama Islam.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reserch) yaitu&#xD; menghimpun data dengan cara menggunakan bahan-bahan tertulis seperti : buku,&#xD; artikel, surat kabar, majalah dan dokumen lainnya, yang sekiranya dapat menjadi&#xD; referensi bagi penelitian ini. Adapun data dalam penelitian ini menggunakan data&#xD; primer yaitu data pokok yang digunakan sebagai bahan utama dalam penelitian ini&#xD; dan data sekunder yaitu data penunjang yang secara tidak langsung bersinggungan&#xD; dengan penelitian. Penggolahan data yang dipakai adalah metode deskriptif&#xD; analitik yaitu setelah data terkumpul, maka diklasifikasikan sesuai dengan&#xD; masalah yang dibahas dan dianalisis isinya (content analysis), dibandingan data&#xD; yang satu dengan yang lainnya kemudian diinterpretasikan dan kemudian diberi&#xD; kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan Ki Hadjar Dewantara menampilkan&#xD; kekhasan kultural Indonesia dan menekankan pentingnya pengolahan potensipotensi&#xD; peserta didik secara terintegratif. Pada titik itu pula, konsep pendidikannya&#xD; sungguh kontekstual untuk kebutuhan generasi bangsa Indonesia. Melihat realita&#xD; pendidikan Indonesia pada masa ini lebih dominasi kognitif dan jauh dari&#xD; terintegratif sehingga reduktif terhadap hakikat pendidikan dan kemanusiaan.&#xD; Konsep pendidikan dan pengajaran dalam hal ini pendidikan humanis telah&#xD; terangkum dalam satu sistem yakni metode among yakni bersifat menuntun atau&#xD; membimbing peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secara utuh.&#xD; Beberapa nilai yang dapat diambil dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang&#xD; berhubungan dengan Pendidikan Agama Islam yakni nilai-nilai kemanusiaan&#xD; bahwa manusia memiliki potensi untuk berkembang dan berubah. Nilai&#xD; persamaan dan kesetaraan yakni proses pembelajaran seharusnya memberikan&#xD; kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam dunia pendidikan.&#xD; Menginginkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/2/12410014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/1/12410014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf</identifier><identifier> KHAIRUN NISA, NIM. 12410014 (2017) PENDIDIKAN HUMANIS MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>24772</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author KHAIRUN NISA, NIM. 12410014
title PENDIDIKAN HUMANIS MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
publishDate 2017
topic Pendidikan Agama Islam
url http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/2/12410014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/1/12410014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/24772/
contents KHAIRUN NISA. Pendidikan Humanis Menurut Ki Hadjar Dewantara Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan di Indonesia dewasa ini kehilangan aspek-aspek humanis (manusiawi) karena berlandaskan pada paradigma dan metode yang tidak memberikan ruang kepada peserta didik untuk dapat berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, serta kehilangan nilai-nilai luhur yang menjadi pijakan terbentuknya negara ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan tentang pendidikan humanis menurut Ki Hadjar Dewantara (2) menganalisis pendidikan humanis Ki Hadjar Dewantara dalam perspektif Pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reserch) yaitu menghimpun data dengan cara menggunakan bahan-bahan tertulis seperti : buku, artikel, surat kabar, majalah dan dokumen lainnya, yang sekiranya dapat menjadi referensi bagi penelitian ini. Adapun data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu data pokok yang digunakan sebagai bahan utama dalam penelitian ini dan data sekunder yaitu data penunjang yang secara tidak langsung bersinggungan dengan penelitian. Penggolahan data yang dipakai adalah metode deskriptif analitik yaitu setelah data terkumpul, maka diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisis isinya (content analysis), dibandingan data yang satu dengan yang lainnya kemudian diinterpretasikan dan kemudian diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Ki Hadjar Dewantara menampilkan kekhasan kultural Indonesia dan menekankan pentingnya pengolahan potensipotensi peserta didik secara terintegratif. Pada titik itu pula, konsep pendidikannya sungguh kontekstual untuk kebutuhan generasi bangsa Indonesia. Melihat realita pendidikan Indonesia pada masa ini lebih dominasi kognitif dan jauh dari terintegratif sehingga reduktif terhadap hakikat pendidikan dan kemanusiaan. Konsep pendidikan dan pengajaran dalam hal ini pendidikan humanis telah terangkum dalam satu sistem yakni metode among yakni bersifat menuntun atau membimbing peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secara utuh. Beberapa nilai yang dapat diambil dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang berhubungan dengan Pendidikan Agama Islam yakni nilai-nilai kemanusiaan bahwa manusia memiliki potensi untuk berkembang dan berubah. Nilai persamaan dan kesetaraan yakni proses pembelajaran seharusnya memberikan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam dunia pendidikan. Menginginkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
id IOS2755.24772
institution UIN Sunan Kalijaga
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 319
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
library_id 261
collection Digital Library UIN Sunan Kalijaga
repository_id 2755
subject_area Pendidikan
Agama
Akuntansi
Ilmu Sosial dan Humaniora
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2755
first_indexed 2017-04-10T05:39:26Z
last_indexed 2017-07-11T00:42:43Z
recordtype dc
_version_ 1765822449514971136
score 17.538404