ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PENYELESAIAN SOAL HOT UJIAN NASIONAL KIMIA TAHUN AJARAN 2013/2014 RAYON SMA

Main Author: ARUM PANGESTI, NIM. 11670003
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/24670/2/11670003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/24670/1/11670003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/24670/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik (menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi) pada penyelesaian soal HOT UN kimia tahun pelajaran 2013/2014. Kemampuan berpikir tingkat tinggi itu sesuai dengan taksonomi revisi Bloom untuk C4 sampai dengan C6. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen soal HOT yang terdapat pada soal UN kimia untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah hasil pekerjaan peserta didik dan soal ujian nasional kimia tahun pelajaran 2013/2014. Analisis data dalam penelitian ini pengubahan data kuantitatif yang dijabarkan secara kualitatif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sembilan soal HOT yang terbagi atas lima soal menganalisis, tiga soal mengevaluasi, serta satu soal mengkreasi. Dari sembilan soal yang berada pada level HOT, terdapat 30,53% yang mampu mengerjakan soal analisis; 3,16% mampu mengerjakan soal evaluasi; serta 9,47% mampu mengerjakan soal kreasi. Kemudian, diperoleh persentase kemampuan peserta didik dalam menganalisis soal HOT untuk indikator differentiating 22,81%; organizing 21,64% serta attributing 14,62%. Untuk kemampuan mengevaluasi, diperoleh persentase indikator checking 18,29% dan qritiquing 8,77%; sedangkan untuk kemampuan mengkreasi peserta didik ialah 0%.