PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen Di Kelas XI Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogykarta Tahun Ajaran 2015/2016)

Main Author: Adam Azmi Syahroni, NIM.12420002
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/21902/1/12420002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/21902/2/12420002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/21902/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan metode langsung dan seberapa besar peningkatan tersebut khususnya dalam pembelajaran mahārah al-kalām . penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana penelitiannya adalah siswa madrasah aliyah kelas XI dari populasi yang diteliti diambil dua kelompok yang homogen sebagai sampelnya, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Dengan menggunakan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Hasilpenelitian dengan menggunakan uji “t”menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar pembelajaran mahārah al-kalām siswa kelompok control dengan siswa kelompok eksperimen, dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa kelompok eksperimen. Uji T Posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Sig= 0,047 <0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Uji T nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig= 0,0000 <0,05 (Ha diterima) yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar ssiswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok kontrolsebesar 76,81 sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata posttest sebesar 82,90 dan ratarata peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 17,72. Dengan melihat perbedaan skor rata-rata posttest yang diperoleh masing-masing kelompok menujukkan bahwa metode langsung dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mahārah al-kalām.