MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI ASRAMA PUTRI RUMAH TAHFIDZQU DERESAN YOGYAKARTA
Main Author: | NAHLA DIANI PRAMONO, NIM. 12490097 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/20779/1/12490097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/20779/2/12490097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/20779/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap manajemen pembelajaran di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pembelajaran yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, evaluasi pembelajaran Tahfidzul Qur’an di asrama putri Rumah TahfidzQu Deresan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Asrama putri Rumah TahfidzQu Deresan Yogyakarta. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara trianggulasi sumber dan teknik serta dikomunikasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukan: (1) implementasi manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Asrama Putri Rumah TahfidzQu adalah: (a) perencanaan pembelajaran melalui rencana pelaksanaan pembelajaran, (b) pengorganisasian pembelajaran melalui penyampaian materi, strategi pembelajaran , dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru Tahfidzul Qur’an, (c) pengarahan pembelajaran melalui peran guru dalam memotivasi, memimpin, maupun mengajar, (d) evaluasi pembelajaran. (2) Faktor pendukung manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an adalah (a) lingkungan yang mendukung, (b) buku pedoman yang jelas, (c) motivasi para ustadzah, (d) Up-graiding ustadzah setiap bulannya, (e) latar belakang pendidikan yang sesuai, (3) Faktor penghambat manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Asrama Putri Rumah TahfidzQu adalah : (a) kurang kemampuan santri dalam membagi waktu antara sekolah dan mengaji, (b) kemampuan santri yang berbeda-beda, (c) kurangnya kemauan santri, (d) adanya permasalahan diluar Rumah TahfidzQu (4) Hasil dari manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an di asrama Putri Rumah TahfidzQu adalah: (a) prestasi hafalan santri, (b) prestasi santri diluar Rumah TahfidzQu