INTEGRASI GENDER DALAM KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Telaah Atas Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Dosen PAl dan PG:MI) Tahun 2011
Main Author: | MARHUMAH, - |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uin-suka.ac.id/20581/1/DINAMIKA%20PRAKSIS%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20%2B.pdf http://digilib.uin-suka.ac.id/20581/ |
Daftar Isi:
- Secara definisi, gender adalah sebuah atribut dan pernilikan yang dibentuk secara kultural yang ada pada laki-laki atau perempuan. Dalam pengertian lain gender membedakan struktur setiap aspek kehidupan manusia. 1 Sebagai sebuah isu baru, gender merupakan konsep yang mengacu pada seperangkat ยท at, peran dan tanggungjawab, fungsi , hak dan perilaku yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan akibat bentukan budaya.2 Masyarakatlah yang menciptakan sikap dan perilaku berdasarkan gender, yang menentukan apa 'angseharusnya membedakan perempuan dan laki-laki. Keyakinan tersebut di\ ariskan secara turun temurun, melalui proses sosialisasi baik dalam 'eluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan.