INTEGRASI GENDER DALAM KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Telaah Atas Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Dosen PAl dan PG:MI) Tahun 2011

Main Author: MARHUMAH, -
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/20581/1/DINAMIKA%20PRAKSIS%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20%2B.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/20581/
Daftar Isi:
  • Secara definisi, gender adalah sebuah atribut dan pernilikan yang dibentuk secara kultural yang ada pada laki-laki atau perempuan. Dalam pengertian lain gender membedakan struktur setiap aspek kehidupan manusia. 1 Sebagai sebuah isu baru, gender merupakan konsep yang mengacu pada seperangkat ยท at, peran dan tanggungjawab, fungsi , hak dan perilaku yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan akibat bentukan budaya.2 Masyarakatlah yang menciptakan sikap dan perilaku berdasarkan gender, yang menentukan apa 'angseharusnya membedakan perempuan dan laki-laki. Keyakinan tersebut di\ ariskan secara turun temurun, melalui proses sosialisasi baik dalam 'eluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan.