KONSEP GURU IDEAL DALAM KARAKTER WAYANG SEMAR DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP GURU PAI IDEAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN

Main Author: DEDEN HADI PRANADA, NIM. 1141217
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/16371/2/11410217_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/16371/1/11410217_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/16371/
Daftar Isi:
  • Deden Hadi Pranada, “Konsep Guru Ideal dalam Karakter Wayang Semar dan Relevansinya dengan konsep Guru PAI Ideal menurut Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen” Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa keberhasilan pendidikan tidak pernah bisa lepas dari tanggung jawab dan peran guru, terlebih pada kemampuan memdidik sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal. Akan tetapi begitu memprihatinkan ketika kita lihat realita yang ada, begitu banyak guru yang kurang memperhatikan kepribadiannya. Dalam menjalankan tugas mulia tersebut. Banyak kasusus-kasus yang merusak citra seorang guru. Hal ini menjadi tugas besar bagi para pendidik khususnya Guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam untuk lebih memperhatikan kepribadiannya sebagai guru dan Dosen Ideal. Mengingat pentingnya konsep guru ideal, maka tokoh Semar dijadikan sebagai panutan sebagai Pendidik Ideal yang memiliki kepribadian yang mulia. Semar adalah tokoh wayang yang berperan sebagai pamong para kesatria pandawa dan menjadikan semua. Pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep guru ideal yang terkandung dalam karakter wayang Semar dan relevansinya dengan konsep guru pendidikan agama islam ideal menurut undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara menganalisis isi bacaan yang masih berkaitan dengan tema yakni guru ideal dalam karakter wayang, langkah selanjutnya yaitu menemukan konsep guru ideal dalam karakter wayang Semar yang masih relevan dengan undang-undang guru dan dosen tahun 2005 serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Konsep guru ideal dalam karakter wayang Semar yaitu bertindak sesuai dengan norma agama, dapat diteladani, berakhlak mulia, bijaksana, kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, bijaksana, memiliki etos kerja yang tinggi, bertakwa, sabar dan ikhlas. (2) Konsep guru ideal yang terkandung dalam karakter wayang Semar masih sangat relevan dengan pendidikan masa sekarang terutama bagi pendidikan agama islam. Hal ini dikarenakan pada masa sekarang kepribadian seorang guru menjadi aspek terpenting dalam dunia pendidikan terutama untuk menghadapi peserta didik yang memiliki kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.