Manajemen pelayanan taman bacaan masyarakat untuk meningkatkan literasi masyarakat muslim di Komunitas Harapan Kauman Semarang
Main Author: | Shodiqin, Shodiqin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9986/7/TESIS_1600128014_SHODIQIN.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9986/ |
Daftar Isi:
- Penulisan tesis ini bertujuan untuk mendeskipsikan dan menganalisis manajemen pelayanan dalam meningkatkan literasi masyarakat di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Komunitas Harapan Semarang. Latar belakang penulisan laporan ini, dikarenakan budaya membaca masyarakat belum dijadikan sebagai prioritas. Baik dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat hingga pemerintah. Meskipun dalam permasalahan ini pemerintah maupun lembaga atau komunitas sudah gencar mendirikan sebuah TBM. Akan tetapi, sampai sekarang belum mampu meningkatkan literasi masyarakat secara signifikan. Dalam kasus ini, peneliti melihat banyak TBM tidak memiliki manajemen yang baik. Padahal hadirnya TBM bisa menjadi solusi untuk meningkatkan literasi. Melalui TBM, masyarakat dapat melakukan proses pendidikan nonformal sepanjang hayat melalui fasilitas yang disediakan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana manajemen pelayanan TBM di Komunitas Harapan Semarang?. (2) Bagaimana pelayanan TBM untuk meningkatkan literasi masyarakat muslim di Komunitas Harapan Semarang?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Datanya diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap suatu kasus dalam organisasi atau lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) manajemen pelayanan TBM di Komunitas Harapan benar-benar dilaksanakan sesuai perencanaan awal didirikannya dilihat dari visi, misi dan tujuan, kemudian dievaluasi setelah dilakukan kegiatan layanan dan evaluasi akhir tahun. (2) manajemen pelayanan TBM di Komunitas Harapan dalam meningkatkan literasi yaitu melalui kegiatan-kegiatan yang telah terjadwal. Di antaranya kegiatan rutin, kegiatan reguler dan kegiatan insidental yang telah direncanakan kemudian dilaksanakan dan dievaluasi bersama-sama antara pengelola dan relawan. Ada tiga komponen literasi yang telah terwujud di masyarakat Kauman Semarang melalui pengelolaan layanan TBM. Diantaranya: literasi dasar, literasi media dan literasi budaya. Namun, dalam layanan TBM di Komunitas Harapan perlu ditingkatkan kembali dan terus berinovasi pada progam-progam yang menarik agar masyararakat terus bisa memanfaatkan layanan TBM.