Konsep pendidikan karakter dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din Imam Al-Ghazali

Main Author: Sapuan, Sapuan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9972/1/full.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9972/
Daftar Isi:
  • Dunia pendidikan sekarang mengabaikan pendidikan karakter peserta didik. Pendidikan lebih sibuk dengan urusan akademik agar siswa mendapat nilai yang tinggi. Keberadaan nilai-nilai moral mulai dipertanyakan lagi. Padahal karakter merupakan kunci perubahan individu, sosial, atau kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki. Di dunia dan di akhirat. Adapun tujuan penelitian ini yakni menganalisa dan mengkaji dua komponen pendidikan karakter, yaitu pendidikan karakter dan metode pendidikan karakter , yang termuat dalam kitab Ihya> ‘ulu>m al-Di>n Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, pengumpulan datanya dilakukan dengan metode dokumentasi yang dibagi menjadi data primer dan skunder. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa metode pendidikan pendidikan karakter yang dipaparkan oleh beliau diantaranya: metode ceramah, penuntunan dan hapalan, diskusi, bercerita, keteladanan, demontrasi, rihlah, pemberian tugas, mujahadah dan riyadhah, tanya jawab, pemberian hadiah dan hukuman. Adapaun relevansi pendidikan karakter dalam kitab Ihya> ‘ulu>m al-Di>n Imam Al-Ghazali pada zaman sekarang melalui membersihkan hati, memprioritaskan keimanan, pencapaian kebahagian dunia akhirat, sabar, zuhud, dermawan, jujur, dan sopan.