Pengembangan modul pembelajaran kimia bersuplemen CEP (chemo-entrepreneurship) pada materi larutan penyangga kelas XI SMA N 16 Semarang
Main Author: | Isabah, Siti Nafisatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9969/1/full%20fix.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9969/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran kimia bersuplemen Chemo-Entrepreneurship. Rancangan modul dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan pembelajaran pembuatan produk bernilai kewirausahaan kimia sehingga dihasilkan modul pembelajaran yang berkualitas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA N 16 Semarang yang berjumlah 9 anak dengan kriteria masing-masing 3 peserta didik dengan tingkat pemahaman atas, menengah, dan bawah. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD atau Research and Development model 4D dari Thiagarajan. Deskripsi prototipe modul yaitu cover, redaksi penyusun, kata pengantar, petunjuk penggunaan modul, peta kontens, daftar isi, daftar gambar, pendahuluan, deskripsi modul, peta konsep, materi, rangkuman, uji kompetensi, tindak lanjut, dan penutup. Hasil uji kualitas modul yang dikembangkan pada penelitian ini berdasarkan penilaian validator ahli materi dan media yang menyatakan bahwa modul “sangat valid” dengan rata-rata skor sebesar 89,8%. Respon angket tanggapan peserta didik sebesar 77% termasuk dalam kategori “cukup valid”. Adapun hasil uji keterbacaan modul memiliki rata-rata 88% termasuk kategori mudah. Aspek pengetahuan peserta didik pada ujicoba kelas kecil mengalami peningkatan skor N-gain sebesar 0,61 (sedang). Berdasarkan data hasil uji kelayakan pada setiap aspek penilaian modul pembelajaran kimia bersuplemen Chemo-Entrepreneurship dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik.