Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis unity of sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X MA Walisongo Pecangaan Jepara

Main Author: Ningsih, Rahayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9968/1/full%20fix.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9968/
ctrlnum 9968
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9968/</relation><title>Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis unity of sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X MA Walisongo Pecangaan Jepara</title><creator>Ningsih, Rahayu</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh 69% peserta didikmenyukai mata pelajaran agama dibandingkan dengan mata pelajaran sains (umum). Peserta didik menganggap bahwa ilmu agama dan ilmu sains khususnya ilmu kimia tidak ada kaitannya. Hal tersebut juga didukung belum terdapatnya bahan ajar kimia yang mengintegrasikan antara ilmu sains dan Islam. Peserta didik banyak yang belum mengetahui bahwa antara ilmu agama dan ilmu-ilmu lain merupakan satu kesatuan atau dikenal dengan istilah Unity of Sciences. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui susunan dan kualitas modul pembelajaran kimia berbasis Unity of Sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dikembangkan.Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dari Prof. Dr. Sugiyono yang dibatasi hanya sampai di langkah 6 (uji coba kelas kecil). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas XI MIPA 1 (kelas tahfidz) MA Walisongo Pecangaan Jepara. Hasil validasi modul menunjukkan modul sangat valid dengan persentase 93,3% oleh ahli Unity of Sciences, 94,5% oleh ahli materi, dan 91,4% oleh ahli media. Hasil uji keterbacaan modul menunjukkan bahwa modul memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dengan persentase rata-rata sekitar 97,7%. Hasil tanggapan peserta didik terhadap modul menunjukkan kategori baik dengan persentase rata-rata sekitar 82%. Hasil uji pre-test dan post-test peserta didik terhadap modul memiliki kategori tinggi dengan rata-rata skor n-gain sebesar 0,73. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis Unity of Sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit layak untuk digunakan dan memiliki kualitas yang baik.</description><date>2019-01-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9968/1/full%20fix.pdf</identifier><identifier> Ningsih, Rahayu (2019) Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis unity of sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X MA Walisongo Pecangaan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>9968</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ningsih, Rahayu
title Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis unity of sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X MA Walisongo Pecangaan Jepara
publishDate 2019
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
540 Chemistry and allied sciences
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9968/1/full%20fix.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9968/
contents Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh 69% peserta didikmenyukai mata pelajaran agama dibandingkan dengan mata pelajaran sains (umum). Peserta didik menganggap bahwa ilmu agama dan ilmu sains khususnya ilmu kimia tidak ada kaitannya. Hal tersebut juga didukung belum terdapatnya bahan ajar kimia yang mengintegrasikan antara ilmu sains dan Islam. Peserta didik banyak yang belum mengetahui bahwa antara ilmu agama dan ilmu-ilmu lain merupakan satu kesatuan atau dikenal dengan istilah Unity of Sciences. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui susunan dan kualitas modul pembelajaran kimia berbasis Unity of Sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dikembangkan.Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dari Prof. Dr. Sugiyono yang dibatasi hanya sampai di langkah 6 (uji coba kelas kecil). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas XI MIPA 1 (kelas tahfidz) MA Walisongo Pecangaan Jepara. Hasil validasi modul menunjukkan modul sangat valid dengan persentase 93,3% oleh ahli Unity of Sciences, 94,5% oleh ahli materi, dan 91,4% oleh ahli media. Hasil uji keterbacaan modul menunjukkan bahwa modul memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dengan persentase rata-rata sekitar 97,7%. Hasil tanggapan peserta didik terhadap modul menunjukkan kategori baik dengan persentase rata-rata sekitar 82%. Hasil uji pre-test dan post-test peserta didik terhadap modul memiliki kategori tinggi dengan rata-rata skor n-gain sebesar 0,73. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis Unity of Sciences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit layak untuk digunakan dan memiliki kualitas yang baik.
id IOS2754.9968
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-09-02T13:32:02Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:19Z
recordtype dc
_version_ 1765821525963833344
score 17.538404