Efektivitas model pembelajaran SFAE (Student Facilitator And Explaining) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Main Author: Irawan, Bambang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9967/1/full%20fix.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9967/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan di MTs Darul Ulum Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) sebagai solusi dari permasalahan terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang. Indikator efektivitas pada penelitian ini adalah rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design, menggunakan Post-test Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), sedangkan variabel terikat penilitian adalah kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTs Darul Ulum Kota Semarang Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 3 kelas, dengan jumlah 73 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah Cluster Random Sampling yang telah diuji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata terlebih dahulu. Sehingga, terpilih kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas Eksperimen. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional/ekspositori. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata klasikal kelas eksperimen dengan menerapkan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) lebih baik dari pada nilai rata-rata klasikal kelas kontrol dengan menerapkan model ceramah. Hal ini dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata pihak kanan diperoleh t_hitung=3,625 dan t_tabel=1,678 dengan taraf signikansi 5%. Sehingga t_hitung>t_tabel yaitu 3,625>1,678. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signikan antara kelas eksperimen yang menerapkan Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan kelas kontrol yang menerapkan model konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang.