Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem persamaan linier dua variabel peserta didik kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Sina, Muhammad Ibnu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9966/1/full.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9966/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi siswa di MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang yakni masalah keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu (Sugiyono, 2014 : 107). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sedangkan variabel terikat penelitian adalah keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Data penelitian yang terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis parametrik. Berdasarkan hasil observasi keaktifan belajar penelitian diperoleh rata-rata keaktifan belajar peserta didik kelas eksperimen setelah mendapatkan model pembelajaran PBL sebesar 71,21, sedangkan rata-rata sebelum mendapatkan model pembelajaran PBL sebesar 61,36. Dengan demikian keaktifan belajar peserta didik kelas eksperimen setelah mendapatkan model pembelajaran PBL meningkat dibandingkan sebelum mendapatkan model pembelajaran PBL. Berdasarkan data hasil penelitian yang berupa post-test kelas Eksperimaen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analasis uji t-test. Berdasarkan penghitungan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung = 3,719 dan t_(1-∝) = 2,010, karena t_hitung = 3,719 > t_(1-∝) = 2,010 berarti Kemampuan Berpikirir kreatif peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibanding peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan perpikir kreatif menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 75,05 sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 64,83. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) peserta didik kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang