Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal
Main Author: | Ratna sari, Dewi Karunia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/ |
ctrlnum |
9964 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/</relation><title>Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal</title><creator>Ratna sari, Dewi Karunia</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Penelitian pengembangan ini didasarkan pada rendahnya minat belajar dan pengetahuan peserta didik mengenai aplikasi ilmu kimia dalam kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (pendesainan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan uji coba kelas kecil. Komposisi modul pembelajaran disesuaikan pada karakteristik CEP yang terlihat pada penyajian materi, belajar berwirausaha, kisah sukses inspiratif, dan latihan soal. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari MAN Kendal. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 82,69% dan 90,38% dengan rata-rata persentase 86,54% kategori sangat valid. Sedangkan dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon peserta didik modul dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83,35%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka modul pembelajaran kimia berpendekatan chemoentrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam dinyatakan layak dan bisa dilanjutkan untuk uji skala besar.</description><date>2019-01-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/1/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><identifier> Ratna sari, Dewi Karunia (2019) Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>9964</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ratna sari, Dewi Karunia |
title |
Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal |
publishDate |
2019 |
topic |
371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 540 Chemistry and allied sciences |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/ |
contents |
Penelitian pengembangan ini didasarkan pada rendahnya minat belajar dan pengetahuan peserta didik mengenai aplikasi ilmu kimia dalam kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (pendesainan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan uji coba kelas kecil. Komposisi modul pembelajaran disesuaikan pada karakteristik CEP yang terlihat pada penyajian materi, belajar berwirausaha, kisah sukses inspiratif, dan latihan soal. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari MAN Kendal. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 82,69% dan 90,38% dengan rata-rata persentase 86,54% kategori sangat valid. Sedangkan dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon peserta didik modul dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83,35%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka modul pembelajaran kimia berpendekatan chemoentrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam dinyatakan layak dan bisa dilanjutkan untuk uji skala besar. |
id |
IOS2754.9964 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2019-09-02T13:32:02Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:35:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821525952299008 |
score |
17.538404 |