Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal

Main Author: Ratna sari, Dewi Karunia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/
ctrlnum 9964
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/</relation><title>Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal</title><creator>Ratna sari, Dewi Karunia</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Penelitian pengembangan ini didasarkan pada rendahnya minat belajar dan pengetahuan peserta didik mengenai aplikasi ilmu kimia dalam kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (pendesainan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan uji coba kelas kecil. Komposisi modul pembelajaran disesuaikan pada karakteristik CEP yang terlihat pada penyajian materi, belajar berwirausaha, kisah sukses inspiratif, dan latihan soal. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari MAN Kendal. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 82,69% dan 90,38% dengan rata-rata persentase 86,54% kategori sangat valid. Sedangkan dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon peserta didik modul dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83,35%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka modul pembelajaran kimia berpendekatan chemoentrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam dinyatakan layak dan bisa dilanjutkan untuk uji skala besar.</description><date>2019-01-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/1/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><identifier> Ratna sari, Dewi Karunia (2019) Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>9964</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ratna sari, Dewi Karunia
title Pengembangan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam bagi peserta didik kelas XI di MAN Kendal
publishDate 2019
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
540 Chemistry and allied sciences
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9964/
contents Penelitian pengembangan ini didasarkan pada rendahnya minat belajar dan pengetahuan peserta didik mengenai aplikasi ilmu kimia dalam kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berpendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (pendesainan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan uji coba kelas kecil. Komposisi modul pembelajaran disesuaikan pada karakteristik CEP yang terlihat pada penyajian materi, belajar berwirausaha, kisah sukses inspiratif, dan latihan soal. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari MAN Kendal. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 82,69% dan 90,38% dengan rata-rata persentase 86,54% kategori sangat valid. Sedangkan dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon peserta didik modul dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83,35%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka modul pembelajaran kimia berpendekatan chemoentrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam dinyatakan layak dan bisa dilanjutkan untuk uji skala besar.
id IOS2754.9964
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-09-02T13:32:02Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:19Z
recordtype dc
_version_ 1765821525952299008
score 17.538404