Efektivitas penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi dan kemampuan pemecahan masalah pada materi ruang dimensi tiga siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pakis Aji Jepara tahun pelajaran 2017/2018
Main Author: | Elya, Alif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9962/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9962/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian di SMK Negeri 1 Pakis Aji Jepara menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran matematika masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Quantum Learning terhadap motivasi belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah kelas XI pada materi ruang dimensi tiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian kuatitatif dengan desain penelitian post-test only control design. SMK Negeri 1 Pakis Aji jepara memiliki 9 kelas. Kemudian pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AP 1 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan untuk penelitian diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Hasil analisis data diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa diperoleh kelas eksperimen = 79,618 dan kelas kontrol = 73,152. Hasil uji hipotesis terhadap motivasi belajar siswa dengan