Diferensiasi jasa pendidikan di Ma’had Tahfidz Al-Qur’an (MTA) Al-Amien Prenduan Sumenep Madura
Main Author: | Rakandana, Ipung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9958/7/TESIS_1600128007_IPUNG_RAKANDANA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9958/ |
Daftar Isi:
- Banyaknya jumlah lembaga pendidikan yang bermunculan membuat persaingan pasar antar lembaga pendidikan semakin meningkat. Oleh sebab itu, lembaga pendidikan perlu mengembangkan praktek pemasarannya untuk menarik minat pelanggan. Salah satunya dengan memberi penekanan berbeda pada penawarannya. Penelitian ini dilaksanakan di MTA (Ma’had Tahfidh Al-Amien) tepatnya pada jenjang pendidikan SMP dan SMA. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan meliputi; wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa diferensiasi layanan jasa pendidikan di jenjang SMP dan SMA di Ma’had Tahfidh Al-Amien yaitu; program tahfidh, program bahasa, dan program kitab kuning. Diferensiasi layanan jasa pendidikan tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor di antaranya untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu, menguatkan merek lulusan, serta untuk meningkatkan mutu lulusan. Namun ada dua tantangan dalam penerapannya yaitu ketidakseimbangan hasil belajar antara prestasi akademik dan non-akademik dan munculnya kejenuhan belajar bagi peserta didik. Penerapan diferensiasi tersebut melalui tiga tahapan manajerial yaitu, (1) perencanaan yang didasarkan pada analisis lingkungan pelanggan dan analisis pesaing, (2) pelaksanaan yang berorientasi pada kebutuhan, kemampuan, dan keinginan pelanggan, dan (3) evaluasi yang teliti pada semua aspek dan kebijakan lembaga.