Pendidikan karakter siswa pada sekolah terintegrasi pesantren studi di SMK Syubbanul Wathon API ASRI Tegalrejo Magelang
Main Author: | Nasrudin, Muhamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9948/1/Muhamad%20Nasrudin___1500118048.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9948/ |
Daftar Isi:
- Karakter bangsa yang mulai luntur di tengah arus globalisasi dan modernisasi seperti sekarang ini harus segera diatasi. Salah satunya adalah dengan pembentukan karakter siswa harus menjadi fokus utama dalam proses pendidikan. Meskipun secara konseptual pendidikan di Indonesia sudah matang, akan tetapi, kebutuhan akan out put yang mampu bersaing di dunia kerja sekaligus memiliki kecerdasan spiritual dan karakter mulia belum terpenuhi. Dari permasalahan ini mengakibatkan para pakar pendidikan membangun gagasan pendidikan yang menjadi alternatif serta berbeda dengan pendidikan konvensional pada umumnya. Salah satu gagasan baru dalam rangka menyelesaikan persoalan di atas adalah mengembangkan sistem pendidikan yang menekankan kepada pembentukan karakter. Untuk mewujudkan generasi maksimal, maka diperlukan pendidikan yang mencakup dua unsur utama, yaitu keunggulan akademik dan keunggulan non akademik atau sikap termasuk didalamnya keunggulan spiritual. Sekolah dan pondok pesantren merupakan dua model lembaga pendidikan yang masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lain. Apabila keunggulan dari kedua lembaga pendidikan itu dipadukan, maka akan tercipta sebuah kekuatan pendidikan yang sinergis, kuat, dan berpotensi mampu menghasilkan generasi muda Indonesia yang unggul, handal, dan berkarakter.