Pengaruh intensitas shalat Dhuha terhadap self efficacy dalam menyelesaikan studi pada siswa di MTs Fatahillah Beringin Semarang
Main Author: | Rahmawati, Nuri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9933/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9933/ |
Daftar Isi:
- Banyak siswa yang mengalami hambatan dalam menyelesaikan studinya. Beragam faktor yang menjadi penghambat dalam penyelesaian studi. Faktor dalam penyelesaian studi adalah diri siswa itu sendiri maupun faktor dari luar diri siswa. Berbagai hal dan situasi juga dapat mempengaruhi keberhasilan prestasi siswa atau justru menghambatnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menangani siswa yang kurang kepercayaan dirinya dalam menyelesaikan studi, salah satunya membiasakan siswa untuk melaksanakan rutinitas shalat dhuha Bertujuan untuk mengukur secara empiris pengaruh intensitas melaksanakan shalat dhuha terhadap self efficacy dalam menyelesaikan studi pada siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diambil sampel sebanyak 65 siswa. Intensitas shalat dhuha dan self efficacy siswa diukur dengan skala intensitas shalat dhuha dan skala self efficacy, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS (statistic program for social service) versi 18.00 for windows. Hasil hipotesis diperoleh koefisien Regresi sebesar 0,618 serta nilai Fhitung=38,845 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang sangat signifikan antara intensitas shalat dhuha terhadap self efficacy dalam menyelesaikan studi pada siswa di MTs Fatahillah Beringin Semarang. Sehingga hipotesis yang diajukkan diterima.