Analisis korelasi nilai mata kuliah prasyarat pembelajaran mikro terhadap PChK (pedagogical chemistry knowledge) mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015

Main Author: Nuraziz, Rizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9917/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9917/
Daftar Isi:
  • Salah satu program studi kependidikan di UIN Walisongo Semarang yang dapat menjembatani mahasiswa sebagai seorang pendidik adalah pendidikan kimia. Upaya penguasaan kompetensi mahasiswa calon pendidik kimia dilakukan dengan melalui mata kuliah pedagogik (mata kuliah prasyarat) agar mahasiswa calon pendidik kimia dapat meningkatkan Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) nya melalui mata kuliah praktik yaitu pembelajaran mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata PChK mahasiswa pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015 pada mata kuliah pembelajaran mikro serta mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara nilai mata kuliah prasyarat Pembelajaran Mikro terhadap Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) mahasiswa pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix-methods (kuantitatif dan kualitatif) dengan strategi analisis data triangulasi konkuren atau pengumpulan data dalam satu waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata ideal PChK mahasiswa pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang angkatan 2015 sebesar 84 yang termasuk dalam kategori sedang. Nilai korelasi (rhitung) tertinggi pada taraf signifikansi 5% yaitu pada mata kuliah kimia dasar 1 dengan rhitung sebesar 0,504 yang termasuk dalam korelasi sedang, sedangkan nilai korelasi (rhitung) terendah pada taraf signifikansi 5% yaitu pada mata kuliah evaluasi pembelajaran dengan rhitung sebesar 0,316 yang termasuk dalam korelasi rendah, sedangkan hasil uji korelasi keseluruhan mata kuliah prasyarat Pembelajaran Mikro terhadap Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) pada taraf signifikansi 5% menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara mata kuliah prasyarat Pembelajaran Mikro terhadap Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK ) dengan rhitung sebesar 0,575 yang termasuk dalam korelasi sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa jurusan pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang telah membekali mahasiswanya dalam mengembangkan PChKnya.