Pengembangan modul kimia berbasis multi level representasi dan unity of sciences pada materi laju reaksi kelas XI di SMAN 1 Semarang

Main Author: Wafda Ali, Nadiyya Aghna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9911/1/Naskah%20Lengkap%20-%201403076009%20-%20Nadiyya%20Aghna%20Wafda%20Ali.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9911/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan modul berbasis multi level representasi dan unity of sciences dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi kimia pada bahan ajar yang tersedia serta anggapan dikotomi antara ilmu kimia dan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang mampu mempermudah peserta didik dalam memahami konsep kimia khususnya materi laju reaksi serta mampu menghilangkan anggapan dikotomi antara ilmu kimia dan agama Islam. Modul ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Tahap Disseminate tidak dilaksanakan karena pertimbangan keterbatasan waktu dan modul telah bisa dikatakan valid. Kualitas modul dapat diketahui dari validasi ahli materi, media, konten unity of sciences, serta respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi, media, dan unity of sciences menunjukkan bahwa kualitas modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dengan persentase berturut-turut sebesar 83%, 74,25%, dan 75%, sedangkan hasil respon peserta didik menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 88,8%. Hasil analisis pretest-posttest menghasilkan skor n-gain sebesar 0,76 dan termasuk kategori tinggi. Jadi, modul yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran serta perlu ditindaklanjuti melalui penerapan di kelas besar untuk mengetahui keefektifan modul.