Efektivitas metode salaf pondok pesantren (metode sorogan dan metode bandongan) terhadap hasil belajar dalam materi sistem periodik unsur kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu 2018/2019
Main Author: | Fatih, Muhammad In Amul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9908/1/skripsi%20full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9908/ |
Daftar Isi:
- Penelitian efektifitas metode pondok pesantren (klasik) sorogan dan bandongan terhadap hasil belajar peserta didik ini didasarkan pada hasil belajar dari peserta didik di MA NU 03 Sunan Katong yang cukup rendah dan memiliki rata-rata ketuntasan 30% dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75. Metode pembelajaran salaf pondok pesantren (klasik) sorogan dan bandongan lebih familiar dengan peserta didik dikarenakan mayoritas peserta didik merupakan santri di pesantren Kaliwungu. Oleh karena itu, penggunaan metode pembelajaran pondok pesantren (klasik) sorogan dan bandongan merupakan suatu solusi baru untuk lebih meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan latar belakang sebagai santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan metode Post Test Only Control Design. Design penelitia ini bertujuan untuk memperoleh perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sampel sejumlah 35 peserta didik kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas kontrol dengan teknik pengumpulan data menggunakan post-test yang kemudian dikonfirmasi dengan wawancara. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t didapatkan thitung sebesar 1,949 sedangkan ttabel = 1,667, dimana thitung > ttabel, sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Salaf Pondok Pesantren (klasik) efektif terhadap pembelajaran kimia khususnya materi Sistem Periodik Unsur.