Efektivitas model pembelajaran advance organizer berbantuan media video interaktif terhadap hasil belajar fisika materi gerak lurus
Main Author: | Akbar Wibowo, Alif Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9901/1/PDF%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9901/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran advance organizer berbantuan media video interaktif terhadap hasil belajar Fisika materi gerak lurus. Latar belakang penelitian ini adalah interaksi antara guru dan peserta didik yang rendah, hasil belajar masih dibawah kkm, dan materi pokok gerak lurus yang masih sulit untuk dipahami oleh peserta didik, sehingga peserta didik kesulitan untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilaksanakan di MAN 1 Bojonegoro. Sampel penelitian berjumlah 70 peserta didik dimana kelas X UP (Unggulan IPA) 2 merupakan kelas eksperimen yang berjumlah 35 peserta didik, sedangkan kelas X UP (Unggulan IPA) 3 merupakan kelas kontrol yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dengan cara wawancara kepada guru mata pelajaran Fisika sebelum melakukan penelitian, metode tes digunakan untuk mengetahui hasil hasil belajar peserta didik dan metode dokumentasi digunakan untuk menunjukan foto atau dokumen lain. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik deskriptif. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji perbedaan rata-rata yaitu dengan rumus t-test. Berdasarkan data hasil posttest pada kelas eksperimen dan posttest pada kelas kontrol diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 78,31 dan rata-rata kelas kontrol adalah 64,60. Uji perbedaan dua rata-rata tersebut diperoleh hasil thitung = 4,51 dan ttabel untuk taraf signifikansi 5% dan dk = 35 + 35 -2 = 68 adalah 1,67. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel dengan gain pada kelas eksperimen diperoleh 0,51 dengan kategori sedang dan gain pada kelas kontrol diperoleh 0,17 dengan kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan, thitung > ttabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima bahwa model pembelajaran advance organizer berbantuan media video interaktif efektif terhadap hasil belajar Fisika pada materi gerak lurus.