Pengaruh model pembelajaran VAK (visual, auditorial, kinestetik) dan gaya belajar terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTS Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Syifa, Layinatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9897/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9897/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa di MTs Al-Ghozali. Hal ini disebabkan karena rendahnya minat siswa dalam mempelajari matematika serta adanya perbedaan gaya belajar tiap siswa. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran VAK agar tercipta suasana belajar yang menarik serta menyenangkan. Model pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk mengatasi perbedaan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : 1) Apakah ada pengaruh antara model model pembelajaran VAK terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018. 2) Apakah ada pengaruh antara gaya belajar terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII MTs Al-Ghozali pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018. 3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran VAK dan gaya belajar terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII MTs Al-Ghozali pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Al-Ghozali Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi sebanyak 32 siswa kelas VIII MTs Al-Ghozali Mranggen Demak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan kognitif , angket gaya belajar siswa serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalur pada taraf signifikan  = 0,05, menggunakan Uji-F dan uji lanjut menggunakan uji schaffe’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan model VAK terhadap kemampuan kognitif, hal ini ditunjukkan dengan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 11,432 ≥ 4,22. (2) Ada pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan kognitif, hal ini ditunjukkan dengan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 19,716 ≥ 3,37. (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan model VAK dan gaya belajar terhadap kemampuan kognitif, hal ini ditunjukkan dengan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 2,274 ≤ 3,37.