Efektivitas model pembelajaran think pair share berbantu LKPD pada materi persamaan linear satu variabel terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2017/2018

Main Author: Khoiriroh, Harir
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9888/1/Full%20Skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9888/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran Think Pair Share berbantu LKPD pada materi persamaan linear satu variabel terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk posttest-only control design. Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah Mangkang. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk uraian dan mengandung aspek kemampuan berpikir kritis yaitu meliputi keterampilan menganalisis, keterampilan melakukan sintesis, keterampilan memahami dan memecahkan masalah, serta keterampilan menyimpulkan. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh t_hitung=3,531 dengan taraf signifikasi α=5% dan dk=24+23-2=47 diperoleh t_tabel=1,679. Oleh karena itu, diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu t=3,531>1,679 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbantu LKPD pada materi persamaan linear satu variabel efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2017/2018.