Pengembangan bahan ajar berbasis peta konsep bergambar pada materi invertebrata sebagai sumber belajar kelas X SMA Islam Raudlatul Falah

Main Author: Azaruddin, Maula Aqid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9878/1/SKRIPSI%20MAULA%20AQID%20AZARUDDIN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9878/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan bahan ajarberbasis peta konsep bergembar pada materi invertebrata ini didasarkan pada masih kurangnya pemahaman peserta didik kelas X SMA Islam Raudlatul Falah mengenai karakteristik dan klasifikasi invertebrata serta masih terbatasnya sumber belajar yang dapat mempermudah pemahaman peserta didik pada materi Invertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan produk dan kelayakan bahan ajarberbasis peta konsep bergambar pada materi Inverebrata di kelas X SMA Islam Raudlatul Falah Bermi, Gembong Pati. Bahan ajar berbasis peta konsep bergambar pada materi invertebrata dikembangkan menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Pengembangan bahan ajarberbasis peta konsep bergambar pada materi Invertebrata dikembangkan dengan Microsoft Word 2007 dan mendapatkan penilaian dan masukan dari ahli materi, ahli media, guru biologi dan peserta didik kelas X SMA Islam Raudlatul Falah Bermi, Gembong Pati. Hasil validasi ahli materi didapatkan bahwa produk yang dikembangkan memperoleh kategori layak dengan persentase kelayakan 70,9 %, ahli media memperoleh kategori layak dengan persentase kelayakan 77,7 %, penilaian guru biologi memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan persentase kelayakan 91,5% dan dari tanggapan peserta didik memperoleh persentase kelayakan sebesar 87,08% sehingga bahan ajarberbasis peta konsep bergambar pada materi invertebrata sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini hanya dilakukan dalam skala terbatas sehingga perlu dikembangkan ke lingkup yang lebih luas.