Pengembangan media pembelajaran torso sel dan permainan monopoli pada sub materi struktur dan fungsi sel kelas XI SMA Negeri 7 Semarang
Main Author: | Mursidah, Mailul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9875/1/SKRIPSI%20PDF%20LENGKAP.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9875/ |
Daftar Isi:
- Media merupakan salah satu alat untuk membantu jalanya proses pembelajaran. Kondisi faktual yang terjadi di SMA Negeri 7 Semarang adalah belum adanya media tiga dimensi yang membantu guru dalam penyampaian sub materi struktur dan fungsi sel dan juga belum adanya media pembelajaran yang berbasis permainan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran torso sel dan permainan monopoli pada sub materi struktur dan fungsi sel kelas XI SMA Negeri 7 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran torso sel dan permainan monopoli pada sub materi struktur dan fungsi sel kelas XI SMA Negeri 7 Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran torso sel dan permainan monopoli pada materi struktur dan fungsi sel sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi di kelas XI SMA Negeri 7 Semarang yang didasarkan pada hasil validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 80% dengan kriteria layak, pada hasil validasi guru Biologi memperoleh persentase kelayakan sebesar 92% dengan kriteria sangat layak, dan pada hasil penilaian peserta didik memperoleh persentase kelayakan sebesar 92% dengan kriteria sangat layak.