Daftar Isi:
  • Skripsi ini mengkaji bagaimana upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa pada kelas V SDN 2 Trompo Kecamatan Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian yaitu minimnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa Ramadhan. Dengan begitu perlu menguji apakah dengan memakai metode yang bersifat student centered atau dapat active learning tidak seperti yang biasa dipakai oleh guru sebelumnya yaitu metode ceramah yang bersifat teacher centered. Dalam penelitian ini peneliti menguji dengan menggunakan metode pembelajaran card sort. Metode card sort termasuk bagian dari strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Tujuan dan fungsi dari penggunaan metode ini adalah untuk mengaktifkan setiap individu sekaligus kelompok (cooperative learning) dalam belajar. Dengan demikian dimungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Trompo Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian yaitu, “Apakah metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa Ramadhan kelas V SDN 2 Trompo Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2011/2012?” Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan bahwa setelah diterapkannya metode card sort dalam pembelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa. Perubahan yang terjadi yaitu sebagaimana urain berikut. Pada pra siklus keaktifan yang terekam dalam data senilai 54.20%, siklus I yaitu 60.34%, adapun pada siklus II berhasil meningkat drastis sebesar 85.70%. Pada tahap pra siklus jumlah siswa yang tuntas KKM hanya 7 anak atau 23,33%, pada siklus I yang mampu lulus yaitu 17 anak atau 56,66%, dan pada siklus II meningkat menjadi 27 anak yang lulus KKM atau 90% dari total siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran PAI materi pokok pemahaman puasa Ramadhan kelas V SDN 2 Trompo Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembelajaran card sort.