Hubungan antara pelaksanaan ibadah shalat maktubah dengan kedisiplinan belajar siswa SMP N 18 Semarang tahun ajaran 2018/2019

Main Author: Mahbubah, Ummi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9828/1/Ummi%20Mahbubah___1403016163.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9828/
Daftar Isi:
  • Masalah yang sering muncul pada siswa adalah masih kurang sadarnya dalam melaksanakan shalat. Dampaknya siswa kurang disiplin dalam kegiatan sehari-hari termasuk dalam kegiatan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Tingkat pelaksanaan ibadah shalat SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2018/2019, 2). Tingkat kedisiplinan belajar siswa SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 serta, 3). Hubungan antara pelaksanaan ibadah shalat dengan kedisiplinan belajar siswa SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilakukan di SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 dimulai pada tanggal 30 November sampai 14 Desember 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 18 Semarang yang berjumlah 274 siswa yang beragama Islam, dengan sampel sebanyak 30 siswa menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan mean dan standar deviasi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan ibadah shalat SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 dikategorikan cukup, terbukti memperoleh responden terbanyak yaitu 10 siswa atau 33,3%. (2) Kedisiplinan belajar siswa SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 dikategorikan cukup, terbukti memperoleh responden terbanyak yaitu 9 siswa atau 30%. (3) Terdapat hubungan yang positif antara pelaksanaan ibadah shalat dengan kedisiplinan belajar siswa SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. terbukti nilai rxy sebesar 0,969, sedangkan nilai r tabel pada tingkat signifikan 5% dan N= 30 adalah 0.361 sehingga rxy (0,969) > rtabel (0,361). Untuk taraf signifikansi 5% dengan dk = N-2 = 30-2= 28, diperoleh ttabel 1,701 dan untuk taraf signifikansi 1%, diperoleh ttabel 2,467. Karena thitung =20,632 > ttabel = 1,701 pada taraf signifikansi 5% dan thitung = 20,632 > ttabel = 2,467 pada taraf signifikansi 1%, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan ibadah shalat dengan kedisiplinan belajar siswa SMP N 18 Semarang. Dengan demikian Ho menyatakan terdapat kesesuaian antara pelaksanaan ibadah shalat dengan kedisiplinan belajar siswa diterima dan Ha ditolak.