Pengaruh intensitas penggunaan Instagram terhadap tingkat religiusitas peserta didik kelas IX di MTS N 2 Demak

Main Author: Istighfaroh, Dzikrina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9815/1/Dzikrina%20Istighfaroh___1403016082.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9815/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi pada suatu permasalahan yang berkenaan dengan tingkat religiusitas peserta didik kaitannya dengan penggunaan media sosial instagram. Fokus masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan instagram terhadap tingkat religiusitas peserta didik kelas IX di MTs N 2 Demak?. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan instagram terhadap tingkat religiusitas peserta didik . Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 16.0.Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa intensitas penggunaan instagram peserta didik termasuk dalam kategori tinggi yaitu berada pada interval 33-38.Sedangkan tingkat religiusitas peserta didik termasuk dalam kategori tinggi yaitu berada pada interval 93-103. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan 0,332 > 0,05. Berarti Ha ditolak dan H0 diterima, artinya tidak terdapat pengaruh signifikan antara intensitas penggunaan instagram terhadap tingkat religiusitas peserta didik.Dapat dijelaskan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan instagram, maka semakin rendah tingkat religiusitas peserta didik. Adapun koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 0,007 yang artinya pengaruh intensitas penggunaan instagram terhadap tingkat religiusitas peserta didik sebesar 0,7%. Jadi, intensitas penggunaan instagram tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat religiusitas peserta didik, namun pengaruhnya sangat kecil.