Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara
Main Author: | Anggraini, Lilis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9812/1/full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9812/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Uum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Fokus penelitian terkait tentang 1) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara, 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara, dan 3) Apakah terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif regresi linier sederhana. Dalam penelitian ini penulis ingin menggali informasi tentang pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara dengan sumber data berasal dari angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru termasuk dalam kategori rendah yaitu terletak pada interval 116-129, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara termasuk dalam kategori sedang yaitu terletak pada interval 79-82, 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Ulum Kalinyamatan Jepara. Hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji kendall’s tau, yang menunjukkan koefisien korelasi 0,678 yang bernilai positif. Dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05, yang berarti hipotesis diterima (signifikan). Jadi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Ulum Kalinyamatan Jepara. Artinya makin tinggi persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.