Penggunaan media permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Islam Terpadu Tazkia Cangkiran Mijen Semarang tahun ajaran 2018/2019

Main Author: Khusnaya, Fita Uly
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9806/1/skripsi%20revisi%20lengkap%20fita.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9806/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan banyaknya anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan khususnya pada kelompok A, sehingga memerlukan adanya Penggunaan media untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan yaitu dengan media permainan kartu angka. Studi ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Penggunaan media permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Islam Terpadu Tazkia? (2) Apakah Penggunaan media permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Islam Terpadu Tazkia?. Skripsi ini dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus tahapannya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kartu angka yang dilaksanakan dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan siswa TK Islam Terpadu Tazkia. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan pada tiap aspek penelitian. Pada siklus I dilakukan 3 kali pertemuan dan siklus II diklakukan 3 kali pertemuan. Kemampuan mengenal konsep bilangan pada pra siklus 56,82%, meningkat pada siklus I menjadi 62,12% dan meningkat pada siklus II mencapai 84,85%. Peningkatan pra siklus sampai siklus I yaitu 5,5%. Kemudian pada siklus I sampai siklus II yaitu 22%.