Strategi meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok A RA Budi Mulya Pedurungan Semarang tahun ajaran 2018/2019
Main Author: | Tsani, Defi Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9800/1/LENGKAP%20baru.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9800/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di RA Budi Mulya Pedurungan Semarang, karena disana terdapat pembelajaran dengan menggunakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak.Dengan harapan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kemampuan membaca anak bisa dilaksanakan dengan baik sehingga kemampuan membaca anak akan berkembang dengan baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana strategi untuk meningkatkan kemmapuan membaca pada anak kelompok A RA Budi Mulya Pedurungan Semarang Tahun ajaran 2018/2019? (2) Apasajakendala-kendala dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anakkelompok A RA Budi Mulya Pedurungan Semarang Tahun ajaran 2018/2019? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kualitatif lapangan (Field Research), dimana peneliti ikut berpartisipasi selama di lapangan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya tanpa mengubahnya menjadi angka atau simbol. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi kemampuan membaca di RA Budi Mulya Pedurungan Semarang menggunakan 3 strategi yaitu strategi cantol, strategi kartu huruf dan strategi kartu kata bergambar. Yang paling efektif yaitu pada strategi kartu huruf, karena strategi kartu huruf dapat menarik perhatian anak yang di dalamnya banyak unsur warna, bentuk, gambar yang berhubungan langsung dengan huruf. Sehingga bisa membentuk satu rangkaian cerita pendek.