Peningkatan aspek sosial anak melalui metode bermain peran siswa kelompok B Arrohman di TK Permatasari Desa Duwet Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Kota Semarang

Main Author: Sari, Vita Isnaini Nila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9799/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9799/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aspek sosial melalui kegiatan bermain peran pada siswa kelompok B Arrohman di TK Permatasari Desa Duwet Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan karena ada permasalahan dalam aspek sosial anak kelompok B di Tk Permatasari Desa Duwet Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian yantg digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru atau teman sejawat. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 18 anak. Objek penelitian ini adalah aspek sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah adalah pedoman observasi. Tehnik analisis data dilakukan secara deskriptif vkualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75% dari 18 anak memiliki aspek sosial dengan kriteria baik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan aspek sosial yang dilakukan melalui stimuolasi anak untuk paham dan taat pada aturan dan stimulasi agar anak sabar menunggu giliran. Pada saat dilakukan observasi hasil penelitian dapat diketahui dari pengamatan perkembangan pada tiap siklus yaitu kondisi pra siklus sebesar 20,53% dan masih berada kurang dari indicator keberhasilan yang ditentukan. Hasil tindakan penelitian siklus I sebesar 31% dengan peningkatan sebesar 10,47% dan menunjukkan peningkatan berada pada kriteria cukup. Hasil tindakan siklus II sebesar 83% dan meningkat sebesar 52%, sudah berada pada kriteria sangat baik berdasarkan pada indikator keberhasilan yang sudah ditentukan.dan pelaksanaan penelitian dihentikan.