Pengaruh metode cooperative script berbantu media gambar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa materi perubahan pada makhluk hidup kelas III MI Manbaul Ulum Karangawen Demak tahun ajaran 2018/2019

Main Author: Fitriyani, Anik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9795/1/ANIK%20FITRIYANI___14030960057.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9795/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam memahami materi Perubahan Pada Makhluk Hidup pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh atau tidaknya metode Cooperative Script berbantu media bergambar terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA kelas III materi Perubahan Pada Makhluk Hidup MI Manbaul Karangawen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Manbaul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi kelas, yaitu : kelas III a sebagai kelas eksperimen dan kelas III b sebagai kelas kontrol. Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi=5% diperoleh t_hitung= 2,465 sedangkan t_tabel=1,677. Karena t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan H_a diterima yang berarti pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan metode Cooperative Script lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen=78 dan kelas kontrol= 71, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemahaman konsep siswa yang diberikan pelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Script berbantu media materi perubahan pada makhluk hidup kelas III MI Manbaul Ulum karangawen Demak tahun ajaran 2018/2019.